Makanan Khas Daerah Bandung Jawa Barat Yang Paling Populer Yang Sangat Menggoda

Provinsi Jawa Barat, Bandung merupakan provinsi yang terkenal dengan keunikan wisatanya. Selain itu kota Bandung juga mempunyai keragaman kuliner yang begitu nikmat dan menggoda yang harus kalian coba, terutama jenis makanan ringan atau jajanannya yang terkenal.

1. Somay

Makanan khas Bandung yang terkenal hampir seluruh Indonesia yaitu siomay. Siomay merupakan jenis makanan kecil khas dari Bandung. Nama somay mungkin kedengarannya agak aneh, bahkan orang mengira makanan satu ini merupakan makanan dari negara China, namun makanan ini merupakan makanan khas dari Bandung.

Di negara Indonesia makanan atau kuliner khas Bandung ini terbuat dari bahan tepung Aci dan ikan yang diberi bumbu lalu dikukus dan kemudian disajikan atau pun dimakan dengan campuran dari sayuran seperti kol, kacang dan juga campuran dari telur, tahu, dan saus kacang. Siomay memiliki berbagai jenis variasi mulai dari siomay ikan tenggiri, udang, ayam dan banyak lagi campuran daging lainnya. Sangat mudah menemukan makanan khas Bandung ini karena terdapat di rumah makan atau warung yang ada di kota Bandung.

2.  Gepuk

Makanan khas Bandung lainnya yaitu gepuk. Gepuk merupakan jajanan khas Bandung terbuat dari daging sapi yang memiliki rasa manis dan sangat gurih. Dalam pembuatan gepuk menggunakan daging sapi yang telah diiris kemudian direbus dengan setengah matang lalu dipukul sampai sangat empuk. Daging yang telah dipukul dan empuk lalu diberi bumbu yang terbuat dari santan, kemudian direbus dengan santan tersebut sampai menyusut. Nah setelah itu barulah disajikan dengan digoreng dengan menggunakan sedikit minyak.

3. Cireng

Makanan satu ini makanan yang paling dicari oleh turis maupun wisatawan. Karena makanan ini merupakan makanan yang begitu enak dan nikmat apalagi dimakan dalam keadaan hangat dan juga lebih nikmat dengan cocolan saus sambal yang pedas. Cireng merupakan singkatan dari " aci digoreng " atau dalam bahasa Sunda " tepung kanji yang digoreng". Cireng sendiri telah terkenal sejak 80-an.

4. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang. Nasi timbel ini memiliki aroma yang sangat menggoda yang ditimbulkan dari kukusan daun pisang. Nasi timbel biasanya di sajikan dengan tahu dan juga tempe goreng.

5.  Rujak cuka

Pasti kalian kenal dengan namanya rujak. Makanan khas Bandung satu ini sudah tersebar dimana-mana. Makanan khas Bandung ini merupakan makanan terbuat dari campuran berbagai macam sayuran dan juga buah-buahan yang telah dibumbui dengan cuka atau bumbu lainnya.

6. Basreng (bakso digoreng)

Mungkin sedikit yang mengenal dengan bakso goreng ini. Makanan khas kota Bandung satu ini merupakan makanan yang digoreng atau bakso yang diolah menjadi gorengan, berbeda seperti biasanya yang berkuah.

7. Cilok

Cilok merupakan singkatan dari aci cilok. Cilok merupakan jajanan atau makanan yang biasanya sering kita jumpai di jalanan atau di sekolahan. Jajanan yang mempunyai bentuk bulat dan kenyal dan juga dilumuri dengan saus kacang ataupun berbagai macam saus lainnya.

8. Es lilin

Makanan atau jajanan yang sangat terkenal terutama bagi anak sekolahan yaitu es lilin. Es yang terbuat dari bahan susu, santan dan gula yang dicampur kemudian dibentuk menyerupai lilin. Es lilin ini juga dijadikan judul lagu Sunda.

9. Serabi atau surabi

Makanan yang terbuat dari tepung dan mungkin begitu mirip dengan pancake. Yang membedakan surabi ini yaitu cara pengolahannya dengan cara dibakar diatas tungku dan menggunakan adonan tebal. Dan dalam menyantapnya bisa dengan campuran seperti keju coklat durian atau sosis.

10. Piscok ( pisang coklat )

Nah makan satu ini berbeda dengan olahan pisang lainnya. Biasanya kita mengenal dengan pisang keju, pisang goreng dan lain-lain, nah yang satu ini berbeda, karena makanan ini  dilumuri dengan coklat dan juga dibungkus dengan lumpia dan barulah digoreng.

11. Nasi tutug oncom

Makanan khas Bandung yang paling enak, karena diolah dengan cara dibakar, nasi dan bumbu dibakar bersamaan yang telah diberi sedikit tepung tapioka. Lebih nikmat Jika disantap dengan sambal dan juga kerupuk.

12. Mie kocok


Nah yang satu ini berbeda dengan mie pada umumnya. Namanya saja mie kocok dalam pengolahannya mie ini diaduk ataupun dikocok sebelum disajikan kepada konsumen. Mie kocok merupakan makanan khas Bandung yaitu mie yang berbentuk datar dihidangkan dengan sayuran seperti taoge dan juga ditambahkan kikil sapi yang empuk dan kemudian direbus hingga matang.

13. Batagor


Batagor singkatan dari "bakso tahu goreng". Batagor hampir mirip dengan siomay namun batagor tidak ada campuran sayuran. Bumbu yang digunakan atau saus untuk batagor hampir mirip dengan siomay, ada yang terbuat dari bumbu kacang. Untuk pembuatannya sendiri batagor menggunakan bahan atau adonan dari ikan dan tepung kanji.

14. Lotek


Nah yang satu ini makanan khas Bandung yang hampir mirip dengan pecel ataupun gado-gado. Lotek merupakan makanan dari sayuran yang direbus dan juga dicampuri dengan bumbu kacang terkadang juga ditambahkan dengan tempe dan juga campuran terasi dan gula merah bakar bawang putih pada bumbunya. Makanan khas Bandung ini biasanya lebih manis daripada pecel, dan memiliki rasa yang lezat. Detik ini bisa disajikan lontong bahkan dan juga campuran dari kerupuk dan bawang goreng.

15. Misro


Makanan khas Bandung asli yang bahan dasarnya dari parutan singkong dan di dalamnya diberi gula merah lalu digoreng. Misro merupakan kependekan dari "amis di jerone" yang di dalam bahasa Sunda sendiri berarti "manis di dalamnya".

16. Wajit Cililin


Makanan khas Bandung satu ini terbuat dari beras ketan dan juga campuran dari gula merah dan juga kelapa yang dimasak menjadi satu. Nama Cililin merupakan nama daerah di kabupaten Bandung Barat yaitu Cililin. Berbagai variasi wajit bisa ditemukan di Bandung. Wajit memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang buah jagung atau kulit buah jagung.

17. Tutut


Makanan khas Bandung yang berbentuk seperti keong merupakan makanan sejenis keong yang berukuran kecil yang dimasak dengan bumbu yang pedas dan juga dicampur dengan daun salam dan juga sereh biar bau amis hilang.

18. Karedok


Makanan khas Bandung asli dari Indonesia yang berbahan utama sayuran mentah seperti taoge, ketimun, kacang hijau, Kol, daun kemangi dan terong yang kemudian dibumbui dan kacang. Bumbu kacang terbuat dari cabai merah, kencur, bawang putih, air asam, kacang tanah, gula jawa, garam dan juga terasi.

19. Seblak


Seblak memiliki dua jenis yaitu seblak kering dan seblak basah. Seblak merupakan makanan dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan Bumbu pedas yang terdiri dari cabai garam kencur serta bawang putih.

20. Tahu Lembang


Makanan khas Bandung yaitu tahu Lembang merupakan makanan yang unik dan menarik yang berbeda dari pada tahu lainnya karena dibuat berbeda dengan tahu pada umumnya dari kedelai namun  tahu Lembang ini diolah dari susu sapi.

itulah beberapa kuliner ataupun jajanan khas Bandung yang terkenal dan harus kalian coba jika berkunjung ke kota Bandung.

0 komentar