Makanan Khas Surabaya Yang Begitu Populer Dan Nikmat

Makanan khas surabaya-Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang berada di Indonesia, merupakan ibukota dari provinsi Jawa Timur, dan sebagai kota besar kota Surabaya sering dijadikan salah satu kunjungan tempat berliburnya para wisatawan baik itu dalam negeri maupun mancanegara. Tak heran banyak para wisatawan yang datang untuk berlibur menikmati alunan kota surabaya. Sebagai salah satu kota besar, selain dengan alunan kota yang begitu indah, Surabaya tentu memiliki kuliner khas yang menjadi daya tarik wisatawan dalam menikmati hidangan kota arek suroboyo ini dan menyidiakan berbagai kuliner khas yang begitu nikmat dan juga lezat. Berikut merupakan makanan atau kuliner khas dari Surabaya. 

1. Sate klopo 
Sate klopo ini hampir mirip dengan sate serundeng khas dari solo. Bahan dalam pembuatan nya juga hampir sama, daging yang digunakan yaitu daging sapi ataupun daging ayam namun sate klopo ada tambahan jeroan dan lemak sapi yang menjadikan sate klopo lebih nikmat dan gurih. Tambahan jeroan dan lemak sapi yang membedakan sate ini dengan sate lainnya. Sate klopo dibuat dengan dibungkus terlebih dahulu potongan daging dan lemak sapi dengan serundeng atau campuran kelapa parut stelah itu barulah dibakar. Berbeda dangan sate serundeng, untuk kelapa parutnya ditaburkan stelah sate dibakar. Bumbu yang digunakan dalam pembuatan date klopo juga berbeda dengan serundeng karena menggunkan kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih yang sudah dihaluskan dan dimasukkan didalamnya. 

2. Bebek Tugu
Makanan bebek tugu pahlawan ini merupakan makanan yang dujual di warung-warung atau pedagang kaki lima, jangan salah walau pedagang kaki lima makanan ini merupakan makanan yang begitu populer. Bebek goreng tugu pahlawan ini banyak didatangi para pengunjung kadang pengunjung bisa antrian untuk bisa menikmati makanan ini. Warung bebek goreng tugu pahlawan buka mulai pukul 18.00 WIB dan jarang sekali warung ini sepi dari pengunjung. 

3. Warung Kepiting
Makanan satu ini merupakan makanan yang juga banyak diminati para wisatawan yang berkunjung ke kota surabaya. Tempat makanan favorite yaitu warung Cak Gundul, warung cak gunful ini sudah ada sejak tahun 1992 sehingga warung ini sangat terkenal di surabaya. Menu andalan dari warung ini apalagi kalau bukan kepiting asam manisnya yang begitu gurih. Selain dari menu kepting warung cak gundul ini juga banyak menyajikan menu-menu lainnya yang tidak kalah nikmatnya seperti ikan, ikan , dan juga cumi-cumi. Warung Cak Gundul terletak di Jalan Kupang Indah. Nah buat Kalian yang ingin berkunjung ke kota Surabaya jangan lupa untuk singgah dan mencicipi makanan yang begitu nikmat yang ada di kota surabaya khususnya warung kepiting cak gundul. 

4. Rujak cingur 
Rujak Cingur merupakan makanan tradisional khas surabaya. Rujak Cingur terbuat dari berbagai bahan campuran seperti Cingur, mentimun, nanas, kangkung san lainnya. Campuran yang ada pada rujak cingur ini banyak berbahan sayuran, dan buah-buahan. Rujak Cingur ini juga merupakan makanan yang cukup terkenal di Jawa Timur. Dalam penyajiannya rujak cingur dibagi menjadi dua jenis, ada rujak cingur biasa dan juga ada rujak cingur matengan. Nah yang membedakan dari rujak cingur biasa dan matengan yaitu pada penyajiannya. Pada penyajian rujak cingur matengan hanya menggunakan bahan yang matang saja seperti lontong, tahu goreng, tempe, dan sayur yang sudah direbus. Walaupun berbeda bahan anatara rujak cingur biasa dan matengan tapi bumbu yang digunakan menggunakan bumbu yang sama tidak berbeda. Nah itu lah makanan khas Surabaya yaitu rujak cingur, penasaran uuntuk mencicipinya?, buat kalaian yang ingin berkunjung ke kota Surabaya jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini. 

5. Tahu campur 
Tahu campur merupakan makanan khas dari surabaya lainnya yang juga cukup terkenal di Surabaya. Kuliner satu ini menjadi kuliner yang banyak diburu oleh para pecinta kuliner yang datang ke kota Surabaya. Tahu campur sendiri terbuat dari berbagai bahan campuran seperti daging sapi, taouge, tahi goreng, mie kuning, selada air, dan tidak lupa dengan bumbu khas Surabaya yang menambah cita rasa dari tahu campur ini. Buat kalian para pecinta kuliner kalian dapat menikmati kuliner ini dengan harga yang cukup terjangkau hanya dengan harga Rp 10.000 – Rp 20.000 per porsi kalian sudah bisa mencicipi makanan satu ini, Cukup terjangkau bukan.

6.Nasi goreng jancuk 
Makanan khas surabay satu ini namanya agak begitu ekstrim, bagaimana tidak nama makanan satu ini menggunakan nama Jancuk yang artinya cukup kotor. Namun nama jancuk menjadikan makanan ini menjadi viral alias terkenal karena jancuk sering atau lumrah digunakan. Nasi goreng jancuk ini memiliki ciri khas yag membedakan dengan nasi goreng lainnya. Ynag membedakannya yaitu menggunkan 20 cabe rawit bahkan kadang bisa sampai 30 cabe rawit, waaw luarbiasa bukan?. Dengan tambahan bumbu khas surabaya menjadi makanan ini menyajikan sensasi yang luar biasa di lidah kita. Untuk harga per porsi nasi goreng jancuk ini memiliki harga yang cukup waw, mahal mulai dari Rp 75.000 bahkan ada mejacapai harga Rp 350.000. Nasi goreng ini bisa dinikmat untuk lima orang per porsi. Harga yang cukup tinggi membuat makanan ini dijual di hotel berbintang empat. Nah penasaran dengan rasa dari makanan ini? Jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini jika berkunjung ke kota Surabaya. 

7. Rawon Setan
Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini Rawon, Makanan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia khusunya Jawa timur, makanan yang memilki ciri khas kuahnya yang hitam namun memiliki rasa yang begitu lezat. Makanan satu ini merupakan makanan yang menyerupai sop namun memilki kuah berwarna hitam pekat. Rawon biasanya menggunkan daging sapi yang telah dipotong dan kadang ada juga tambahan jeroan dan kikil. Dinamakan rawon setan karena kuliner ini dibuka pada pukul 22.00 malam hingga dini hari,. Namun sekarang rawon setan bisa kita nikmati di siang hari, nah penasaran dengan makanan ini, langsung saja buat kalian yang berkunjung ke kota Surabaya jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Surabaya ini. 

8. Sate Lisidu 
Sate Lisidu merupakan sate yang terbuat dari bahan daging ayam. Sate Lisidu ini sudah ada sejak tahun 1997, dan merupakan salah satu icon makanan khas dari Surabaya. Sate lisidu ini dicetus oleh alm bapak istianto. Nama Lisidu didapat dari plat mobilnya yang bernomor L 1551 DU, atau dibaca LISIDU. Sate Lisidu merupakan sajian yang cukup melegenda bahkan pernah menjadi hidangan di Istana Kepresidenan, makanan yang begitu populer dan terkenal. Pada proses pembuatannya sate lisidu dimasak dengan cukup unik yaitu daging ayam deibentuk pipih dan dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar. Pada setiap satu tusuk sate terdiri dari bagian daging sate, dan sate lisidu ini disajikan dengan bumbu khas dari Surabaya yang terbuat dari olahan kacang tuban. Nah penasaran dengan makanan ini?, buat kalian yang berkunjung ke kota surabya jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini. 

Itulah beberapa makanan khas dari kota Surabaya, masih banyak lagi makanan khas dari Surabaya yang begitu nikmat dan juga kaya akan rasa tradisional. Buat kalian para wisatawan kuliner kalian bisa menikmati hidangan khas nusantara lainnya yang begitu lezat, di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis makanan khas yang setiap daerah memiliki ciri khas tersensendiri.

0 komentar